Selamat bergabung dalam Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka Terpadu.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) selalu berupaya melakukan perbaikan sistematis, berkelanjutan, dan komprehensif terhadap sistem penyelenggaraan pendidikan nasional melalui penguatan kelembagaan, pembenahan ketatalaksanaan dan penguatan SDM serta pemanfaatan sebesar-besarnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mendukung tercapainya visi Kemdikbud pada tahun  2025 yakni mewujudkan Insan Indonesia Cerdas Komprehensif, Kompetitif, dan Bermartabat (Insan Kamil/Insan Paripurna). 

Categories

Selamat datang di mata kuliah Komputasi Saintifik. Kita bersama-sama akan mempelajari komputasi saintifik, khususnya dalam aplikasi untuk memahami dinamika model harga saham dan model di bidang sains. Komputasi saintifik adalah bidang ilmu yang mempelajari model-model matematika dan analisa kuantitatif yang terkait dengan melibatkan pemanfaatan komputer.  Mata kuliah ini ditujukan bagi mahasiswa tingkat sarjana di bidang Matematika, Sains, Ekonomi, atau Ilmu Komputer yang ingin mendalami model-model Persamaan Diferensial Stokastik serta aplikasinya.

Mata ajar ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang konsep dasar perpajakan. Termasuk dalam mata ajar ini adalah: pengertian, asas, definisi, ciri-ciri, fungsi, dan jenis pajak, cara-cara umum pemungutan pajak, aspek-aspek ekonomi, hukum, dan administrasi dalam pemungutan pajak dan faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi pemungutan pajak.  Mata ajar ini juga membahas ketentuan pajak yang berlaku di Indonesia untuk pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai. Mata ajar ini dilengkapi dengan lab manual.

Mata kuliah Teknik Perangkat Lunak pada perkuliahan ini khusus ditujukan untuk membantu merancang sistem informasi terutama sistem informasi akuntansi sehingga contoh-contoh yang diberikan akan berkaitan dengan transaksi yang terjadi pada siklus akuntansi. Akan tetapi tidak tertutup kemungkinan bagi anda yang tidak secara khusus bertujuan untuk merancang sistem informasi akuntansi untuk mengikuti perkuliahan ini karena pada dasarnya konsep dan teori dasar yang diberikan kurang lebihnya adalah sama.

Advokasi kesehatan adalah advokasi yang dilakukan untuk memperoleh komitmen atau dukungan dalam bidang kesehatan, atau yang mendukung pengembangan lingkungan dan perilaku sehat (DEPKES, 2007).

Advokasi Kesehatan merupakan upaya meyakinkan  suatu kegiatan bidang kesehatan mencakup kegiatan penyadaran, rasionalisasi, argumentasi, dan rekomendasi tindak lanjut sebuah kebijakan. (Hadi Pratomo dalam Notoatmodjo, 2005)

Mata kuliah ini akan memberikan pembelajaran serta pemahaman bahwa advokasi adalah kombinasi kegiatan individu dan sosial yang dirancang untuk memperoleh komitmen politis, dukungan kebijakan, penerimaan sosial dan sistem yang mendukung tujuan atau program kesehatan tertentu.

Tujuan Instruksional Umum

Mahasiswa mampu menggunakan konsep dan prinsip dasar metabolisme untuk menjelaskan proses metabolisme serta ketidaknormalan metabolisme dalam organisme dengan menggunakan perkembangan metabolomik termutakhir, khususnya pada manusia.

Sasaran pembelajaran akhir

Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip dasar dari metabolisme sehingga mampu:

  1. menjelaskan dan menyimpulkan akan pentingnya peran metabolisme pada organisme
  2. mampu mengidentifikasi, menghubungkan serta memberikan tanggapan tentang berbagai masalah metabolisme